Share:

Date:

HMI MPO Dukung Penuh RUU Kepulauan Disahkan Segera

Related Articles

Jakarta | Nemukabar.com – Wacana mengenai Pengesahan RUU Kepulauan terus bergulir hingga saat ini. Hal ini terlihat dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas tahun 2021, terdapat 33 Rancangan Undang-Undang (RUU). Salah satunya merupakan usulan DPD RI yaitu RUU tentang Daerah Kepulauan yang diusulkan sejak 17 Desember 2019.

Menanggapi hal tersebut Laode Muhamad Imran Sekjen PB HMI MPO menyatakan Mendukung penuh Pengesahan RUU Kepulauan.

Alasan kami mendukung percepatan pengesahan RUU Kepulauan ini jelas pertama, bahwa sebagai fakta, Negara Kita ini adalah Kepulauan maka seluruh aktivitas pembangunan harus berbasis kepulauan.

“Selama ini kebijakan pembangunan yang diterapkan di daerah kepulauan, seolah-olah disamakan dengan daerah daratan. Padahal, pendekatan pembangunan di daratan dan kepulauan semestinya berbeda. Akibatnya maka tidak optimalnya pengelolaan potensi sumberdaya yang ada di daerah-daerah Kepulauan,”  ujar Laode Muhamad Imran. Sekjend PB HMI MPO dalam keterangan persnya, Kamis (16/09/2021).

“Berkaitan dengan Pemerataan Pembangunan. Harus kita akui bahwa selama ini terdapat kesenjangan pembangunan antara daerah-daerah di Republik ini yang terkategori Daratan dan Kepulauan,” lanjutnya.

Imran menambahkan, kami menilai Hadirnya RUU Kepulauan dapat Mengakselerasi Pembangunan Daratan Dan Kepulauan yang berasaskan Keadilan. Dan sebagai solusi dalam mengoptimalkan pengelolaan sumberdaya di daerah-daerah Kepulauan.

“Oleh karenanya maka kami dari PB HMI-MPO meminta dengan Tegas Agar RUU Kepulauan segera dirampungkan dan disahkan,” tutupnya. [sak]

Popular Articles