Share:

Date:

Inilah Komitmen Calon Ketua Umum PB HMI Rizki Muhmmad Ikhsan Terkait Perkaderan

Related Articles


NEMUKABAR.COM – Kader adalah orang atau sekumpulan orang yang dibina dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. HMI dalam pasal 4 Anggaran Dasar mempunyai Tujuan yaitu “Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT”.

Dalam pasal 4 Tujuan HMI kita bersama bisa melihat bahwa HMI mempunyai kepentingan besar, kepentingan yang meliputi hablum minannas dan hablum minaAllah. Hubungan vertikal sesama manusia/makhlukh hidup dan hubungan horizontal dengan Allah SWT.

Dalam kedua hubungan itu manusia diberikan Allah SWT panca indera yang mana panca indera ini wajib disyukuri. Kata syukur kita tahu adalah kata pertama dalam hymne HMI, bersyukur.

Bagaimana cara bersyukurnya anak HMI? Yaitu dengan memaksimalkan diri agar dapat memaksimalkan potensi panca indera yang diberikan oleh Allah SWT. Untuk apa? Untuk berbuat baik dan tolong menolong serta semata2 beribadah kepada Allah SWT.

Dalam tantangan zaman sekarang ini, perkaderan HMI mendapatkan tantangan yang tidak main-main. Dimasa pandemi covid-19 memaksakan kita semua untuk bisa beradaptasi. Training-training HMI yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini didaerah2 yang angka covidnya tinggi seperti jakarta, depok dan sekitarnya mulai melakukan metode jarak jauh (online).

Training Basic Training (LK1) HMI yang lebih Brainstorming menjadi sesuatu yang tidak mudah karena metode online masih dirasa bukan sesuatu yang tepat. Maka, dari itu perlu ada ruang-ruang penelitian untuk melahirkan metode perkaderan HMI yang massive dan berkualitas serta melahirkan kader-kader yang menjawab tantangan zaman bukan kader yang hanya cerita masa lalu kejayaan HMI.

Sudah waktunya BPL PB HMI melakukan perbandingan gagasan pada training-training lainnya yang dapat memberikan metode baru dalam training HMI yang saya rasa dari dulu sampai sekarang sama saja.

Dalam menghadapi tantangan zaman, kader2 HMI juga memerlukan softskill yang mampu membawanya survive dalam dunia nyata. Sejarah dan muatan organisasi memang perlu kita ketahui tetapi softskill dalam dunia kerja juga perlu kita miliki. Karena itu training LK1 HMI saya berharap bukan hanya 5 materi wajib saja, yaitu sejarah, konstitusi, mission, KMO dan NDP. Tetapi ada materi-materi penunjang skill masing-masing di setiap komisariat pelaksana LK1.

Popular Articles