Share:

Date:

Umat Islam Sadar, Dong? Anies Itu Bukan Marbot Masjid !

Related Articles

Oleh: Muhammad Adib Amrullah

Bismillah… Saya tuangkan unek-unek saya melalui tulisan ini.

Baru kali ini ada kepala daerah dibela soal masa jabatannya. Jabatannya akan berakhir 2022, tapi sudah ada Mantan Pejabat Otonomi Daerah, yang mewacanakan masa jabatan Anies dapat diperpanjang.

Seumur-umur baru kali ini ada wacana begitu. Segitunya mereka menyelamatkan pionnya.

Belum lagi ada media pencipta darling, mencoba menyelamatkan Anies dengan menyatakan bahwa seolah-olah pemanggilan Anies ke KPK terpaksa karena perintah.

Yang disayangkan, kaum awam Muslim yang dulu memenangkan Anies, masih belum menyadari kenyataan. Mereka merasa Anies memberi keuntungan bagi mereka. Padahal boro-boro. Kemiskinan kaum awam Muslim yang akut, tak pernah menjadi perhatian serius bagi Anies.

Satu-satunya pusat perhatiannya ialah bagaimana dapat menjadi Presiden. Kalau tiket dukungan dapat dari kesan inklusif dan pro bisnis yang memang didominasi oligarki, maka dia kejar itu. Persetan dengan riwayat jasa dukungan kaum Muslim awam yang miskin-miskin.

Bagi dia, daripada memperhatikan kesejahteraan warga muslim yang miskin yang hidup di lorong-lorong sempit, mendingan mendandani dan mengecet pusat-pusat kota Jakarta biar dipamerkan di sosial media.

Dapat diduga bagi Anies, kaum awam Muslim yang kismin-kismin hanyalah sekedar lumbung suara lima tahunan. Lagi perlu, diambil. Jika tidak perlu, tinggalkan.

Ada satu nasehat politik dari orang tua. Untuk mengukur, seseorang itu teman atau rekan, setidaknya dia pernah ngajak Anda ngopi bareng, lalu urun rembuk apa yg bisa dia bantu, dan apa yg bisa Anda bantu buat dia.

Nah, jika dia tak pernah ngajak ngopi Anda, lalu ujuk-ujuk Anda mengklaim dia sbg teman Anda, maka Anda hanyalah orang bodoh dan naif. Itu nasehat seorang tua.

Terkait Anies, tanya diri Anda, apa Anda pernah diajak makan-makan dan urun rembuk. Atau setidaknya mengirimkan kopilah buat Anda. Kalau tidak, ya Anda bodoh.

‘Multatuli Reborn’

Popular Articles